Minggu, 11 April 2010

RantaiMakanan

Rantai Makanan (Food Chain)
Peristiwa makan dan di makan antar organisme dalam suatu ekosistem membentuk struktur trofik. Setiap tingkat trofik merupakan kumpulan berbagai organisme dengan sumber makanan tertentu. Dalam struktur trofik organisme autotrof disebut produsen. Tingkat trofik II ditempati oleh berbagai organisme yang tidak dapat membuat bahan organik sendiri (heterotrof adalah konsumen). Konsumen terdiri dari konsumen (herbivora) pada tingkat trofik kedua, konsumen sekunder (karnivora) pada tingkat trofik ketiga, dan konsumen tersier (karnivora besar) pada tingkat trofik keempat. Rantai makanan adalah jalur makan dan dimakan dari organisme pada suatu tingkat trofik ke tingkat trofik berikutnya membentuk urutan dan arah tertentu.
a. Rantai makanan perumput adalah rantai makanan yang dimulai dari produsen.


Gambar. 1
Rantai Makanan Perumput
Sumber : Aryulina, Diah (2007 : 280)

b. Rantai makanan detritus adalah rantai makanan yang dimulai dari detritus (hancuran daun-cacing-tanah-ayam-manusia)


Jaring-jaring Makanan (Food Web)
Dalam suatu ekosistem hubungan makan dan di makan yang sangat kompleks saling berkaitan dan bercabang sehingga membentuk jaring-jaring makanan.



Gambar. 2
Jaring-jaring makanan merupakan rantai makanan yang kompleks.
Sumber : Aryulina, Diah (2007 : 281)

Cahaya matahari merupakan sumber utama energi bagi kehidupan. Energi matahari masuk ke dalam komponen biotik melalui produsen. Oleh produsen, energi cahaya matahari diubah menjadi energi kimia. Energi kimia mengalir dari produsen ke konsumen dari berbagai tingkat trofik melalui jalur rantai makanan. Jadi setiap organisme melakukan pemasukan dan penyimpanan energi dalam suatu ekosistem disebut produktivitas ekosistem. Produktivitas ekosistem terdiri dari produktivitas primer dan produktivitas sekunder.
a. Produktivitas Primer adalah kecepatan mengubah cahaya matahari dalam bentuk bahan organik oleh organisme autotrof.
b. Produktivitas Sekunder adalah kecepatan energi kimia mengubah bahan organikmenjadi simpanan energi kimia baru oleh organisme heterotrof.
Para ahli ekologi menggambarkan struktur trofik suatu ekosistem dalam bentuk piramida ekologi. Piramida ekologi terdiri dari piramida energi, piramida biomassa, dan piramida jumlah. Piramida energi adalah suatu gambar bentuk kehilangan energi dari suatu rantai makanan, piramida biomassa merupakan gambar berkurangnya transfer energi pada setiap trofik, sedangkan piramida jumlah adalah gambar jumlah individu pada setiap trofik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar